Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Karakteristik Anggor


Kelinci Angora jenis kelinci yang paling banyak diminati untuk dijadikan hewan peliharaan. Bulunya yang lebat dan indah membuat siapapun jatuh hati untuk mengurusnya. Kelinci jenis ini diselimuti bulu yang panjang dan seperti domba australia, kelinci angora berpotensi untuk menghasilkan bahan wol.



Pada awalnya kelinci angora hanya berbulu putih, namun karena perkawinan silang lahirlah kelinci angora berbulu coklat, abu dan coklat muda. Bulu yang tebal memberikan kesan keindahan tersendiri. Berat kelinci angora kurang lebih 3kg. Kelinci jenis ini banyak dikembangbiakkan di negara Perancis, setiap melahirkan rata-rata 6 hingga 8 ekor anak kelinci angora.

Ada juga kelinci angora jenis English Angora. Pada dasarnya kelinci ini sama dengan kelinci angora biasa, hanya saja yang membedakannya adalah bulu panjang pada ujung telinga yang menjuntai hingga sangat indah dan cantik terlihat.

Memelihara kelinci jenis angora terbilang gampan-gampang susah, cukup berbeda dengan memelihara jenis kelinci biasa, diperlukan keuletan yang lebih. Kelinci jenis angora mudah sekali terkejut sehinga menyebabkannya gampang marah dan nafsu makan berkurang, akibatnya kelinci angora mudah mati karena kurangnya perhatian dari pemilikinya.

Pada dasarnya memelihara kelinci angora dengan kelinci biasa sama saja hanya bedanya suhu udara untuk kandang kelinci angora harus lebih dingin, makanannya 3x sehari dan harus benar-benar dijaga jangan terlalu banyak mengandung cairan (berair) karena bisa mengakibatkan kelinci angora terkena diare (mencret), jika hal ini dibiarkan maka banyak imun tubuhnya berkurang sehingga akan mengakibatkan kematian.

Berikut point demi point tips memelihara kelinci Angora:

1. Suhu udara lebih dingin dari kandang kelinci biasa.
2. Makan 3x sehari dan jangan banyak mengandung air.
3. Jangan terlalu sering dimandikan (grooming) karena bulunya mudah rontok.
4. Jaga kebersihan kandang, biarkan sinar matahari masuk yang penting jangan lembab dan sirkulasi udara baik dan drainasi untuk mengalirkan kotorannya terjaga bersih.
5. Ukuran kandang minimal 50×50 cm dan jika memungkinkan buatkan tempat makanan tersendiri lebih tinggi dari pijakan kelinci agar tidak terinjak-injak.
6. Jika kelinci angora siap beranak maka siapkan kandang yang lebih luas.
7. Beri rerumputan kering di atas kotak kecil agar kelinci angora merasa hangat untuk persiapan melahirkan.
8. Beri makanan dari daun yang hijau, misalkan rumput lapangan, kangkung dan sayuran lainnya. Berikan dalam keadaan layu kecuali dia sendiri yang mencari makanannya.
9. Jangan mencuci sayuran agar kadar airnya rendah, sesuai dengan point kedua.
10. Kelinci angora pun menyukai ubi jalar, berikan padanya, dan usahakan jangan memberi makanan hanya satu jenis saja. Karena akan mengakibatkan bosan dan susah makan.
11. Waktu makan yang tepat sekitar puku 7 pagi, siang hari makan secukupnya dan sore hari sekitar pukul 18.00. Kebiasaan jenis kelinci memang makan sepanjang malam.
12. Siapkan tempat tidur tersendiri agar tidak terinjak-injak dan terkena kotorannya sendiri.
13. Untuk anak kelinci angora usahakan jangan terlalu banyak terkena tanah lembab atau becek agar tidak terkena penyakit gatal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar