Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Beberapa jenis kucing

Kucing merupakan binatang favorit untuk dipelihara. Bentuknya yang sering kita anggap “lucu dan menggemaskan” membuat sang kucing benar-benar menjadi favorit. Felis silvestris catus (kucing) merupakan hewan karnivora, dan hal ini mengacu ke segala jenis kucing baik kucing besar maupun kucing rumahan.



Yang dimaksud dengan kucing rumahan di sini ialah kucing yang biasanya dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan yang dimaksud dengan kucing besar ialah semacam singa, macan, dan harimau.

Walaupun jumlah kucing saat ini sangat banyak tetapi yang memiliki pure breed hanyalah 1%, sehingga sang pure breed ini sangatlah sulit di dapatkan. Dan biasanya tercatat dan dibiakkan pada tempat pemeliharaan resmi

Jumlah jenis kucing ras di seluruh dunia amat banyak. Setiap ras memiliki ciri khusus, tapi karena sering terjadinya kawin silang antar ras, banyak kucing yang hanya dikelompokkan dalam jenis bulu panjang dan bulu pendek, tergantung jenis rambut penutup tubuhnya.

Jenis ras kucing, beberapa diantaranya :

* Manx

Sebagian orang menyebutnya Rumpy. Ekornya pendek, Warna bulunya cokelat dan lavender. Sifatnya setia, ramah dan pintar.

* Maine Coon

Asalnya dari Maine, AS, keturunan Angora dan American Shorthair. Sifatnya lucu, pemalu tapi mau, dan mudah akrab. Bulunya tipis, lembut, dan warnanya beragam.

* British Shorthair

Dikembangkan di Inggris. Kucing ini kalem, lembut, hangat, dan pintar. Warna bulunya ada yang polos (putih, hitam, biru, merah dan krem), dwi warna, hitam pekat, belang.

* Burmese (Burma)

Kucing ini dibiakkan oleh Dr. Thompson (AS) dari kucing Ratu Wong Mau (Burma) dan Siam. Warna cokelat musang, warna lainnya biru, champagne, lifa, merah, cokelat, dan biru kura-kura. sifatnya periang dan lucu.

* Chinchilla longhair

Inilah kucing Persia paling anggun. Nenek moyangnya dari Inggris. Ras ini dibagi dalam dua macam, yaitu chinchilla warna cerah (sejati) dan yang agak gelap (perak gradasi).

Kucing memiliki banyak warna dan macam pola. Ciri fisik ini tidak bergantung pada rasnya. Kucing rumahan dikelompokkan ke dalam jenis berikut berdasar penampakan fisiknya :

* bulu pendek
* bulu panjang
* oriental (bukan ras khusus, semua kucing yang bertubuh langsing, mata berbentuk almond, daun telinga lebar, dan rambut tubuh halus yang pendek)

Gen yang mengatur warna dan pola pada bulu kucing menentukan penampilan fisik dari kucing yang membedakan mereka ke dalam:

Telon atau Calico

putih dengan sedikit bercak warna hitam atau oranye (atau biru atau krem). Orang Jepang sering menyebut pola ini sebagai mi-ke. Karena gen warna bulu bertaut dengan kelamin, kucing Calico yang beraneka warna ini umumnya betina.

Tortoiseshell

hitam dengan warna oranye dan putih tersebar di seluruh tubuhnya. Kucing yang memiliki warna hitam, oranye terang, dan oranye gelap disebut sebagai Calimanco atau Clouded Tiger.

Tabby

bergaris dengan bermacam pola. Pola klasik pada kucing ini berbentuk bulatan-bulatan atau lingkaran. Tabby jenis mackerel mempunyai tiga garis yang tampak di samping tubuhnya, membuat kucing ini seperti ikan Mackerel

Maltese

nama lain dari kucing biru (abu-abu).

Bicolor (dua warna)

disebut juga Tuxedo cat atau Jellicle cat karena memiliki bulu berwarna hitam dengan sedikit warna putih pada bagian kaki, perut, dada, dan mungkin pula di bagian wajah.

Memang lumayan banyak jenis kucing, tapi jika sudah menjadi hobi mungkin kucing kampung atau kucing liar pun di jadikan peliharaan. Dan memang tidak sedikit biaya yang harus di keluarkan untuk memelihara kucing ini jika memang benar-benar ingin memilki hasil yang bagus untuk sang kucing bahkan perawatannya bisa melebihi biaya perawatan kita sebagai tuannya.

Walaupun seperti itu sang kucing tetaplah menjadi primadona. Ia muncul di legenda, cerita sejarah, bahkan sampai diangkat menjadi tokoh film atau tokoh cerita. Bahkan sampai dipuja bagaikan dewa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar