Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Berapa Lama Daging Beku Dapat Disimpan ?

berapa lama daging beku dapat disimpan ?

Daging sapi merupakan salah satu makanan penghasilprotein tinggi asal hewan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sayangnya, keutuhan dan kesegaran daging sapi tidak dapat bertahan lama.




Salah satu upaya untuk menjaga keutuhan dan kesegaran daging adalah dengan  cara didinginkan atau dibekukan pada suhu titik beku yang mencapaiminus 1,5 derajat Celcius (W. Lukman). Namun jika daging dibekukan pada suhutersebut, maka kualitasnya kurang baik, terkait dengan banyak dan besarnyakristal es yang terjadi selama pembekuan.




Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakanlah "blast freezer" yang memiliki suhu antara minus 24 sampaiminus 40 derajat Celcius. Blast Freezer dilengkapi dengan hembusan angin (blower)untuk mempercepat sehingga proses pembekuan daging, serta mengurangiterjadinya pembentukan kristal es.



Setelah proses pembekuan selesai, daging harus disimpan dicold storage dengan suhu minus 18 derajat Celcius. Akan lebih baik lagi jika daging sapi disimpan dalam kemasan vacum. Dengan cara ini daging sapi dapat bertahan maksimum selama 12 bulan.



Jika penyimpanan daging sapi yang telah beku ini hanya menggunakan Freezer lemari es rumahan yang memiliki suhu rata-rata minus 10 sampai 15 derajat Celcius, lama waktu penyimpanan yang dianjurkan maksimal hanya 6 bulan.




Sumber :

wtfooge.com

duniaveteriner 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar