Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Cara Memandikan Kelinci




Salah satu tujuan Grooming atau memandikan yaitu menghilangkan bulu mati dan menyisirnya. Waktu yang diperlukan hanya butuh 45 -60 menit sampai dengan kelinci benar-benar kering dan wangi. Hal ini dilakukan untuk merawat rambut agar tidak gimbal (hair ball), terutama kelinci berambut panjang seperti Anggora, American Fuzzy Lop, Lion dll. Setelah dilakukan grooming rambut akan menjadi indah, sehat dan wangi. Rambut yang panjang perlu dipotong. Bagi kelinci berambut panjang yang belum pernah dicukur, perlu dilakukan pemotongan total. Tak perlu gundul, sisakan 1-2 cm. Rambut akan tumbuh dengan bagus. Satu siklus pertumbuhan rambut kelinci 6-12 bulan. Pencukuran maksimal 2 kali dalam setahun. Setelah rambut tumbuh bagus, pencukuran total tidak perlu lagi. Cukup rapikan bulu 2-3 bulan sekali. Pertumbuhan bulu cukup pesat apabila makanannya berkualitas. Pemotongan meliputi area mulut,kaki dan anus . Agar tidak menganggu waktu makan dan jalan. Juga tidak kotor waktu buang air besar dan kencing.

Beberapa peralatan mandi kelinci :

  1. Dua buah bak mandi
  2. Peralatan keramas
  3. Shampo
  4. Handuk bersih dan hair driyer
  5. Sisir
  6. Bedak
  7. Cadangan air hangat
  8. Cotton bud, baby oil dan gunting kuku
  9. Cologne bayi
Kelinci dapat dimandikan apabila berumur  3 bulan atau lebih. Kalau belum cukup umur jangan dimadikan dulu, karena struktur tubuhnya belum sempurna. Kalau belum bisa mandi, coba dibiasakan mengenal air secara bertahap. Awalnya cukup dilap dengan air hangat. Setelah terbiasa dengan air, tenang dan suka , baruselanjutnya boleh dibasahi. Yang terpenting saat melakukan Grooming/mandi kondisi harus dipastikan kondisi sehat wal’afiat pastinya.
 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memandikan kelinci :
  1. Jangan memaksa kelinci yang tak mau mandi
  2. Sebaiknya gunakan air hangat untuk mandi
  3. Gunakan shampo bayi atau shampo kucing
  4. Jangan merendam kelinci yang belum biasa mandi
  5. Air jangan sampai masuk hidung atau telinga
  6. Keringkan segera setelah mandi

GROOMING atau MEMANDIKAN KELINCI

             Untuk menjaga kebersihan Kelinci kesayangan kita, alangkah baiknya perlu dimandikan agar badannya bersih dan bebas dari penyakit kutu atau tungau. Dengan mandi dan grooming , bulu kelinci akan tumbuh dengan baik dan terawat.


Proses  grooming  dan pada kelinci sebagai berikut :

1. Sediakan air hangat

  • Siapkan dua bak air hangat, untuk mandi dan bilas. Bila pakai bak mandi untuk bayi atau ember plastik lebar. Kondisi air hangat-hangat kuku. Isinya setengah dari tinggi kelinci
2. Basahi Kelinci

 

  • Masukkan kelinci dalam bak mandi. Arahkan kelinci membelakangi Anda, agar tidak mencakar seandainya berontak. Usapkan air hangat dari belakang ke arah depan. Usap rambut agar air hangat meresap sampai ke kulit. Sebelumnya , tutup kuping kelinci dengan kapas agar tidak kemasukkan air.
3. Keramas dengan shampo

 

  • Angkat kelinci dari bak untuk dikeramas. Letakkan di ats perlak bayi, usapkan sampo merat ke seluruh tubuh. Boleh pakai sampo kiiten ( anak kucing ) atau sampo bayi . Agar merata samponya, pijit sampai kekulit tubuh, usap bagian yang mudah kotor dan susah dijangkau. Misalnya telapak kaki, sekitar anus dan daun telinga
4. Bilas sampai Bersih

  • Masukkan lagi kelinci dalam bak untuk dibilas. Guyur dengan air hangat pelan-pelan sembari mengusap rambut dan kulit dengan tangan. Pindahkan ke bak bilas yang sudah dipersiapkan. Guyur dan usap berulang-ulang. Lakukan sampai sampo benar-benar bersih dari rambut dan kulit.
5. Angkat dan keringkan

  • Setelah bersih, angkat dari bak lalu titiskan rambut dengan handuk kering. Lalu rambut dikeringkan dengan hair drier sambil disisir. Semua bagian tubuh harus kering, termasuk bagian perut, lipatan kaki dan telinga.
6. Bersihkan telinga dan kuku

 


  • Lubang telinga perlu dibersihkan dengan cotton bud. Carnya, bashai cutton bud dengan baby oil, lalu bersihkan lubang telinga secara lembut dan hati-hati. rapikan kuku menggunakan gunting. Pemontongan bisa sebelum mandi
7. Taburi Bedak

 

  • Potong rambut bagian tertentu, misalnya sekitar anus, agar tidak terkena pup dan pipisnya. Rapikan bagian kaki agar tidak menganggu gerak. Agar aromanya wangi, taburkan bedak bayi atau kitten. Bila perlu tambahkan dengan menyemprot baby cologne biar lebih wangi. Setelah semua beres , berikan makan untuknya. Usai mandi, nafsu makan kelinci luar biasa. Makannya sangat lahap.

Sumber materi dan gambar : Flona Serial -Majalah Flora Fauna (Buku Pintar Memelihara Kelinci dan Rodensia) sumber: www.bbpp-lembang.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar