Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Cara Memberi makan kepada anak anjing

Anak anjing yang lebih pintar, mudah dilatih

Apa yang anda berikan kepada anak anjing anda juga dapat mempengaruhi kemampuan untuk belajar dan dilatih. DHA adalah asam lemak omega 3 yang penting dalam pertumbuhan otak. DHA dapat berpontesi menuntun sosialisasi dalam lingkungan keluarga yang lebih baik, lebih cepat menerima dalam latihan dan kepatuhan dan mungkin dapat mengurangi sikap yang merusak di rumah.

Anak anjing ras kecil atau small breed ( berat badan dibawah 10 kg saat dewasa)
Karena mulutnya dan lambungnya yang kecil ditambah rasio pertumbuhan yang cepat, sangat penting untuk memadatkan satu lot energi dan nutrisi kedalam makanan yang sedikit ini untuk memastikan anak anjing ras kecil ini tetap mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Anak ajing ras medium atau medium breed (10-25 kg pada saat dewasa)
Ras anak anjing ini membutuhkan formula lengkap dan seimbang dengan kadar energi yang cukup tinggi dan gizi penting lainnya.

Anak anjing ras besar atau large breed (25-40 kg) dan ras raksasa - giant breed ( di atas 40kg saat dewasa)
Karena ukurannya yang besar, ras besar dan ras raksasa memiliki kebutuhan nutrisi yang unik. Penelitian memperlihatkan bahwa kelebihan pemberian makanan (overfeeding) dan kenaikan berat badan yang berlebihan dapat menambah masalah pertumbuhan tulang. Anak anjing ras ini membutuhkan formula lengkap dan seimbang yang membantu mengontrol rasio pertumbuhan tetapi masih memperkenankan mereka untuk tumbuh mencapai ukuran dewasanya.
Tip pemberian makan

Inilah beberapa tip yang perlu diingat pada saat memberikan makanan pada anak anjing anda.

* Berilah makanan yang berformula lengkap dan seimbang dan jangan tambahkan suplemen lainnya jika tidak dianjurkan oleh dokter.
* Suplemen dapat mempengaruhi makanan yang telah lengkap dan seimbang menjadi kurang baik dan mungkin dapat membahayakan daripada bermanfaat.
* Gunakanlah intruksi pemberian makanan yang tertera pada kemasan sebagai pedoman untuk menghitung jumlah makanan yang perlu diberikan untuk anak anjing anda setiap hari. Lalu bagi jumlah itu dengan berapa kali makan (biasanya tiga kali sehari) yang anda hendak rencanakan untuk memberi anak anjing anda.
* Jangan lupa air minum yang bersih dan segar. Pastikan anak anjing anda mendapatkan air bersih dan segar setiap saat.
* Jika anda hendak mengganti makanan merek lain, akan lebih baik melakukan perubahan secara bertahap untuk menghindari masalah sakit perut selama masa adaptasi. Mulailah memberikan makanan lama 75% dan 25% makanan baru pada hari pertama, lalu pada hari kedua 50%makanan lama 50% makanan baru, pada hari ketiga 25:75, kemudian di hari keempat 100% makanan baru.
* Untuk setiap anak anjing yang masih muda mungkin dapat dibantu dengan merendam makanan kering ke dalam air hangat selama 10-15 menit sebelum diberikan. Berikan makanan jika suhu sudah sesuai dengan suhu ruangan. Sisa makanan yang tersisa sebaiknya dibuang dalam beberapa jam.
* Setelah umur empat bulan, rubah pola makannya ke dua kali sehari.




Tumbuh gigi (Teething)

Antara 3-6 bulan, kebanyakan anak anjing akan hilang gigi susunya. Jika anak anjing anda kurang bernafsu makan pada hari-hari selama tumbuh gigi, anda dapat membantunya dengan melunakan makanannya dengan air hangat. Tetapi banyak kasus, menguyah makanan kering dan biskuit anjing dapat membantu menanggalkan gigi susu nya sehingga anak anjing dapat menjalani proses tumbuh gigi lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar