Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Desain Kandang Kambing Etawa (Bagian 3)

Pakan Lele Organik, Dikembangkan
Naiknya pakan ikan lele akibat dampak dari kenaikan Tarif Dasar Listrik / TDL,
cara beternak babi
Pokok-Pokok Beternak 1. Yang perlu diperhatikan terhadap anak babi
ASPEK PRODUKSI, BUDIDAYA IKAN GURAMI
KLASIFIKASI, JENIS DAN CIRI-CIRI Secara umum, pola budidaya perikanan air tawar yang
Desain Kandang Kambing Etawa (Bagian 3)
Terdapat dua model untuk kolong kandang: Kolong disemen miring (turunan) kearah selokan.

Terdapat dua model untuk kolong kandang:
Kolong disemen miring (turunan) kearah selokan. Selokan dibuat sejajar dengan panjang kandang. Keuntungan dari model ini adalah kotoran dapat dikumpulkan pada suatu tempat kompos. Kolong terlihat rapi karena disemen.

desain kandang kambing etawa

desain kandang kambing etawa

Kerugian model ini adalah peternak harus rajin membersihkan kotoran yang terkumpul di selokan. Meskipun secara teori srintil kambing jatuh ke arah selokan namun terkadang srintil masih tersangkut di turunan. Peternak harus rajin membersihkan baik turunan dan selokan agar tidak bau. Jika perlu turunan dan selokan harus disiram untuk membersihkannya. Hal ini akan menambah beban tenaga dan biaya produksi (air).

Model lantai kandang seperti ini ideal untuk lahan yang cukup besar dimana dapat disediakan tempat menampung kotoran kambing etawa.


2. Model Galian

Tanah kolong digali cukup dalam 150 – 200 cm untuk mengakomodasi kotoran kambing etawa selama bertahun-tahun. Keuntungan model ini adalah peternak tidak perlu dipusingkan dengan kegiatan rutin membersihkan kotoran kambing (srintil). Srintil akan terurai di tanah dengan sendirinya. Jika kotoran sudah terurai halus dapat diambil dan dipergunakan untuk pupuk.
desain kandang kambing etawa

Untuk menerapkan model ini perlu dijamin tanah galian harus tetap kering dan terhindar dari air hujan. Selain itu perlu diperhatikan keamanan lubang ini agar kambing atau peternak tidak terperosok ke dalam lubang.

Model lantai kandang ini lebih menghemat lahan dan biaya.


Pemilihan Bahan dan Model Kandang Kambing Etawa

Dari desain kandang kambing etawa yang sudah dijelaskan, kandang kambing etawa dapat menggunakan berbagai jenis bahan dan model. Pemilihan bahan dan model haruslah memperhatikan faktor modal yang tersedia, memperhitungkan daya tahan kandang dan pemakaian ulangnya (reusability). Kandang kambing etawa yang ideal dan bagus merupakan impian semua peternak kambing etawa. Namun semua itu sudah pasti membutuhkan biaya yang besar.
(Jika anda bersedia untuk mempertahankan blog ini silahkan lihat iklan dari sponsor kami, sebagai donasinya. terima kasih.)
Ada baiknya peternak lebih mengutamakan kualitas & kuantitas isi dari kandang (kambing etawa), bukan berfokus pada desain kandang kambing etawa yang sempurna. Dari hasil pembiakan kambing etawa dapat digunakan untuk merenovasi kandang. Modal akan lebih efektif jika dialokasikan untuk menambah kuantitas kambing etawa yang berkualitas (Referensi: Analisa Usaha Budidaya Kambing Etawa ).


1 komentar:

  1. METHODE PRAKTIS PENGGEMUKAN KAMBING GIBAS.
    PT HCS memberikan methode praktis melalui pelatihan GRATIS untuk penggemukan kambing gibas. Sudah banyak yang telah membuktikannya dan hasilnya memuaskan. Bukti di lapangan setelah mengikuti petunjuknya, penambahan berat badan rata-rata 2.5 kg - 3.2 kg per minggu. Ternak kambing dari berat 18 kg - 20 kg dalam waktu 3 bulan (siap jual) berat badannya bisa bertambah 30 kg s/d 39 kg. Luar biasa. Selengkapnya kunjungi http://hcssukses.blogspot.com/p/peternakan.html

    BalasHapus