Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Penanganan Kelahiran Anak Kambing Etawa (Bagian 2)




Setelah 3 – 6 jam anak kambing etawa akan bisa berdiri sendiri. Anak kambing etawa akan menyusu pada puting induknya untuk memperoleh susu pertama (colostrum). Colostrum mempunyai khasiat untuk sebagai antibodi bagi anak kambing etawa. Ambing akan menghasilkan colostrum selama 5 – 7 hari. Setelah itu ambing menghasilkan susu.


 kambing etawa berdiri


Ada baiknya peternak membantu anak kambing etawa untuk menyusu pada induknya dengan cara mengarahkan anak kambing etawa pada puting induknya. Jangan memaksa anak kambing etawa untuk menyusu dengan menekan kepalanya ke puting induknya. Diperlukan kesabaran dari peternak agar anak kambing etawa dapat menyusu pada indukannya.

 menyusui kambing


Kami pernah menjumpai indukan yang selalu menolak menyusui anaknya. Induk tersebut pertama kali beranak dan memiliki dua anak. Anak yang ditolak sang induk adalah anak pertama dari induk tersebut. Setiap kali sang anak tersebut menyusu pada induknya, sang induk selalu menendang dan melompat menghindar. Kami telah mencoba mengikat leher dan badan dari induk agar sang anak dapat menyusu pada induk. Hal ini berhasil pada awalnya meski merepotkan. Namun setelah satu minggu sang induk tetap menolak anaknya untuk menyusu.

Jenis induk kambing etawa seperti ini kami kategorikan sebagai induk yang “ketakutan”. Sang induk merasa ketakutan dengan pengalaman pertama menyusui. Hal ini tidak terjadi pada saudara anak pertama (anak kedua). Dari analisa kami kemungkinan ada “kesalahan” dalam mengenalkan sang induk kepada anaknya (bonding). Akibatnya sang induk selamanya merasa asing dengan anak pertamanya. Sang induk harus diperkenalkan dengan melihat dan mencium bau sang anak agar sang induk tahu jika anak kambing yang sedang menyusu di putingnya adalah anaknya. Karena itulah dalam artikel masa jalinan (bonding) adalah salah satu saat penting bagi kelahiran anak kambing etawa.


Beberapa peternak memotong tali pusar setelah anak kambing etawa keluar. Cara ini tidak kami rekomendasikan kecuali peternak benar-benar yakin akan kesterilan alat yang dipakai untuk memotong. Jika alat yang dipakai memotong tidak steril akan menimbulkan infeksi pada anak kambing. Tanda infeksi anak kambing etawa terjadi dalam masa 1 minggu dari awal kelahiran. Anak kambing etawa yang tadinya sehat akan menjadi kaku dan akhirnya akan mati. Karena itu kami rekomendasikan cara yang alami kecuali pada kasus tali pusar terlalu panjang sehingga menggangu anak kambing etawa.

4. Pembersihan

Induk kambing etawa yang telah melahirkan hendaknya dibersihkan daerah bagian vulvanya sampai bersih. Hal ini untuk menghindari penyakit yang mungkin berkembang di daerah tersebut. Selain itu lantai kandang juga perlu dibersihkan setelah masa kelahiran selesai.

5. Pemisahan Anak Kambing Etawa

Pemisahan anak kambing yang baru lahir sangat penting dilakukan terutama dalam ruang kandang. Besar kemungkinan anak kambing etawa dapat mati terinjak atau tertindih oleh induk kambing etawa. Karena itu diperlukan kotak (box) khusus untuk memisahkan anak kambing. Anak kambing etawa dipisahkan selama 5 hari sampai 1 minggu. Anak kambing etawa disusukan ke induknya tiga kali pada pagi, siang dan sore. Jangan menahan atau menunda waktu menyusu selama satu minggu ini karena anak kambing etawa benar-benar membutuhkan pasokan susu agar pertumbuhannya bagus.


6. Penjemuran

Penjemuran adalah salah satu praktek yang dianjurkan untuk anak kambing etawa yang baru lahir. Anak kambing etawa dijemur di pagi hari selama satu jam. Penjemuran anak kambing etawa tidak boleh terlalu lama. Peternak perlu menjaga anak kambing etawa agar tidak terinjak oleh indukan pada masa penjemuran.

menjemur kambing etawa


7. Masa Mengawasi

Peternak perlu mengawasi perkembangan anak kambing etawa sampai 5 hari atau 1 minggu dari kelahirannya. Pada masa ini adalah masa kritis karena anak kambing etawa masih belum kuat (teges). Setelah masa ini dilewati anak kambing etawa sudah kuat dan lincah. Untuk keperluan produksi susu kambing, setelah masa ini susu anak kambing etawa sudah dapat digantikan susu sapi.

 kambing etawa senduro jamnapari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar