Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Kecerahan Perairan Tambak – 02 –Tingkat Kecerahan

Faktor-faktor yang menjadi dasar pemikiran dalam menentukan tingkat kecerahan air tambak adalah kondisi perairan baik dari segi biologi, kimiawi dan fisika bagi kehidupan udang, adalah seperti di bawah ini:

A. Tingkat Kecerahan Air Tambak Terlalu Tinggi

Pada kondisi seperti ini permasalahan kualitas perairan yang mungkin timbul adalah:
  1. Tingkat produktivitas perairan rendah karena kandungan plankton sangat rendah.
  2. Terganggunya proses biologi, kimia, fisika sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam ekosistem, karena plankton merupakan produsen utama yang selain sebagai sumber makanan juga ikut membantu berlangsungnya proses-proses tersebut dengan suplai oksigen ke dalam perairan melalui kegiatan fotosintesanya.
  3. Penetrasi sinar matahari sampai kelapisan air bagian bawah akan membantu proses oksidasi kotoran dasar tambak yang bercampur dengan bangkai plankton sehingga terangkat sampai ke permukaan air tambak. Kondisi ini merupakan proses terbentuknya klekap tambak dan jika tidak segera diangkat akan mengendap kembali ke dasar tambak dan akan membusuk dan sangat berbahaya bagi udang.
  4. Berpotensi menumbuhkan lumut di dalam tambak dan akan menghambat pembentukan plankton serta menghambat gerak dan aktifitas udang.
B. Tingkat Kecerahan Air Tambak Terlalu Rendah / Pekat

Pada kondisi seperti ini permasalahan kualitas perairan yang mungkin timbul adalah:
  1. Pada siang hari terutama pada cuaca cerah kandungan oksigen didalam perairan akan over quantity yang dihasilkan planthon melalui proses fotosintesa dengan bantuan sinar matahari dan dapat membahayakan udang jika telah melebihi ambang batas.
  2. Pada malam hari akan terjadi persaingan penyerapan oksigen antara plankton yang melimpah dengan udang dan organisme lainnya, selain itu juga akan terjadi peningkatan kadar CO2 di dalam perairan tambak.
  3. Memungkinkan tumbuhnya bakteri an aerob di dasar tambak yang bersifat merugikan (pathogen) bagi udang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar