Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Budidaya Ikan Hias di Indonesia


Ikan hias
Budidaya ikan hias air tawar ternyata mampu memberikan kehidupan bagi banyak orang yang menekuninya. Selain orang suka akan keindahan ikan hias ,banyak pula  orang yang menggantungkan hidupnya dari membudidayakan dan memasarkan ikan hias yang jenisnya bermacam-macam. Tak jarang beberapa petani yang semula menekuni budi daya ikan konsumsi seperti ikan nila, ikan lele,gurame dan lain sebagainya beralih menekuni budidaya ikan hias.
Semua itu dilakukan karena potensi ekonomis budidaya ikan hias lebih menggiurkan dibandingkan dengan ikan konsumsi. Dengan pola pemeliharaan dan pemberian makanan yang hampir sama dengan ikan konsumsi , budidaya ikan hias mampu menghasilkan pemasukan yang lebih besar karena harga ikan hias lebih mahal. Kunci membudidayakan ikan hias adalah telaten dan senang di dalam memeliharanya.
Jika dibandingkan dengan budidaya ikan konsumsi pemeliharaanya hampir sama sedangkan masalah penjualan  biasanya ikan konsumsi dihargai dengan sistem kiloan, ikan hias dihargai dengan sistem per ekor, dengan demikian bisnis budi daya ikan konsumsi lebih menekankan kuantitas, sehingga memerlukan lahan yang luas dan sarana yang lebih banyak.
Hasil budi daya Ikan hias lebih menekankan kualitas sehingga bisa dilakukan di lahan sempit dan bisa dilakukan sebagai usaha sampingan. Jika tidak memiliki kolam yang luas, budidaya ikan hias bisa dilakukan di dalam akuarium atau bak semen yang cukup kecil. Jika lahan yang tersedia cukup kecil, kita harus lebih selektif dalam memelihara ikan hias. Ikan-ikan hias yang dipelihara cukup yang berkualitas bagus sedangkan yang berkualitas kurang bagus harus segera diafkir karena memakan tempat.
Jenis-Jenis Ikan hias
Ikan Hias Air Tawar


Budidaya Ikan Hias
Ada banyak jenis-jenis ikan hias air tawar yang bisa Anda pilih untuk dipelihara. Pada dasarnya memelihara ikan hias air tawar ini lebih mudah dibandingan dengan yang air laut.
Namun tetap Anda harus telaten terutama dalam memastikan kebersihan lingkungan hidup ikan hias ini. Ikan hias air tawar bisa Anda pelihara di kolam maupun akuarium.
Berikut ini adalah jenis-jenis ikan hias air tawar yang sering dipelihara:
* Ikan mas koki.
Ikan maskoki adalah ikan hias air tawar yang sering dipelihara. Bentuknya yang lucu dengan kepala yang biasanya dipenuhi benjolan membuat ikan ini tampak cantik saat berenang.
Ada banyak jenis ikan maskoki yang dibudidayakan. Anda bisa mendapatkannya di toko ikan hias di daerah Anda.
Saat memelihara ikan ini, Anda harus cukup telaten karena ikan ini sangat sensitif dan mudah mati.
* Ikan oskar.
Oskar adalah ikan hias yang juga cukup familiar di antara para penggemar ikan hias di Indonesia.

Ukurannya juga cukup besar, yaitu bisa mencapai 30cm. Ikan ini merupakan ikan yang pintar dan cukup mudah dibiakkan.
Namun Anda harus berhati-hati saat memelihara ikan hias ini. Jangan satukan oskar dengan ikan kecil lainnya karena bisa dimangsa oleh oskar.
* Ikan louhan.
Ikan ini sering dikaitkan dengan keberuntungan. Konon ikan ini katanya dapat memberikan hoki bagi Anda yang memeliharanya.
Ikan ini memiliki kepala yang menonjol besar, semakin besar semakin cantik rupanya. Ikan ini berasal dari negeri tetangga kita, Malaysia.
Ikan hias yang kecil dan lucu ini sering dijadikan ikan aduan oleh anak-anak. Ikan ini memiliki berbagai jenis dengan aneka warna yang menarik.
Memelihara ikan ini, Anda sebaiknya tidak menggabungkan beberapa ikan dalam satu akuarium. Hal ini dikarenakan sifat ikan cupang yang bisa menjadi ganas dan saling berkelahi satu sama lain.
Ikan yang mirip dengan ikan mas ini biasanya dipelihara di kolam. Tubuhnya yang dihiasi dengan warna-warna indah sangat menarik saat ikan ini berenang di kolam.
Begitu Anda melemparkan makanan ke kolam, ikan ini akan segera menyembur keluar untuk berebutan makanan.
Ikan Hias Air Laut
Selain ikan hias air tawar, ada jenis-jenis ikan hias air laut yang banyak dipelihara penggemar ikan hias.
Memelihara ikan hias air laut memang lebih sulit karena Anda harus menyediakan air laut secara berkala untuk menggantikan air yang sudah kotor. Ikan hias air laut biasanya dipelihara di akuarium yang dilengkapi dengan bunga karang.
Berikut ini adalah jenis-jenis ikan hias air laut yang sering dipelihara:
* Ikan anularis.
Anularis adalah ikan air laut yang cantik dengan bentuk pipih dan lebar. Tubuh ikan ini berwarna kuning. Di kedua sisi tubuhnya terdapat garis-garis yang berwarna biru.
* Ikan blue devil.
Walau namanya cukup ekstrim, namun ikan ini termasuk ikan hias yang cantik. Tubuhnya langsing dengan warna biru berbintik putih di bagian atas. Ikan ini cukup aktif  berenang di antara karang.
* Ikan botana.
Ada banyak jenis ikan botana yang bisa menjadi pilihan Anda, yaitu botana biru, botana kasur dan botana kacamata.
Tiap jenis ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Misalnya botana biru, memiliki warna biru dengan bentuk tubuh yang agak bulat. Sedang botana kasur memiliki warna yang mirip dengan kasur.
* Ikan betmen. Ikan ini berwarna keemasan bergaris-garis biru dengan hiasan seperti topeng di matanya. Ikan ini merupakan ikan yang unik dan cukup digemari karena warnanya yang cantik.
Masih banyak jenis-jenis ikan hias baik itu ikan air tawar maupun laut yang sering dipelihara. Anda bisa melihat semua jenis ikan hias ini di toko ikan hias.
Saat menentukan jenis ikan hias yang akan dipelihara, hendaknya Anda memahami dahulu cara-cara memelihara jenis-jenis ikan hias ini.

1 komentar:

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan test kit untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus