Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Faktor penentu kualitas sarang walet




Sarang walet terbaik dihasilkan oleh air liur walet yang berkualitas tinggi. Semakin banyak makanan yang dimakan walet, kualitas sarang walet akan meningkat dan waktu untuk memproduksi sarang akan lebih cepat.

sarang-walet-terbaik
sarang-walet-terbaik

Sarang burung walet ini bernilai jual tinggi karena semakin banyak dinikmati oleh masyarakat. Hal ini terbilang wajar, karena kandungan gizi sarang walet yang berkualitas tinggi sangat banyak, bahkan bisa digunakan sebagai obat macam-macam penyakit.

Ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas sarang burung walet, contohnya humidity gedung walet. Agar kita bisa memproduksi sarang walet yang terbaik, kita harus memperhatikan dengan seksama kelembaban (antara 80%-90%) dan temperature (antara 26 – 29 C) dalam gedung.

Kedua hal tersebut harus diperhatikan dengan seksama karena sangat memperngaruhi kualitas dan kuantitas sarang walet.

Selain itu, masih ada faktor lainnya seperti penggunaan sarana penunjang budidaya walet. Sarana tersebut meliputi penggunaan mesin pemanggil, mesin pembuat hujan buatan, thermohygrometer, dsb. Hal ini juga sangat diperlukan untuk membuat burung walet merasa nyaman (tidak stress) sehingga kualitas sarangnya pun meningkat.

Faktor terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah hilangkan hambatan dalam memproduksi sarang burung walet, contohnya hambatan pada lubang masuk burung walet. Kadang kala, ada pohon atau tiang yang menutupi lubang masuknya walet. Hal ini sangat fatal karena dapat menyulitkan walet untuk kembali ke sarangnya. Bila hal ini terjadi, segera hilangkan penghalang tersebut.

Semoga bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar