Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Kambing Etawa dan Makanannya

dadapKali ini saya akan melanjutkan tulisan saya mengenai Kambing Etawa dan tata cara berternak kambing etawa pada bagian yang terdahulu saya telah menyampaikan beberapa uraian tentang pendahuluan cara pemilihan bibit kambing etawa, sebelum saya menceritakan penjualan atau harga kambing Ras Etawa yang mencapai puluhan juta saya akan menyampaikan macam macam makanan ternak kambing etawa

MAKANAN

Untuk hal ini kalau di paparkan secara rinci munkin butuh waktu lebih dalam waktu sehari namun saya akan menyampaikan uraian singkatnya pada dasarnya Jenis dan cara jagungpemberiannya disesuaikan dengan umur dan kondisi ternak. Pakan yang diberikan harus cukup protein, karbohidrat, vitamin dan mineral,( bila di pelajari secara runtut menurut disiplin ilmu peternakan ) mudah dicerna, tidak beracun dan disukai ternak, murah dan mudah diperoleh. Pada dasarnya ada dua macam makanan, yaitu hijauan (berbagai jenis rumput) dan makan tambahan (berasal dari kacang-kacangan, tepung ikan, bungkil kelapa, vitamin dan mineral). untuk jenis HMT ( hijauan makanan ternak ) dapat saya sebutkan berdasar pengalaman para peternak yang telah memelihara kambing jenis etawa dan berdasar para nara sumber yang berdasar para petani banyak sekali macam untuk HMT beberapa jenis akan saya sebutkan :

kaliandraKaliandraDadap


Glagahan

Rumput Gajah

Daun NangkaDaun Singkong ( beserta singkongnya )

Daun Ketul sapi

Jagung Muda beserta pohonnya

Daun Sengon ,MahoniDaun Waru Rengis

Daun rereside.

ketul-sapidan beberapa rumput yang namanya asing untuk di sebutkan..

kemudian untuk beberapa makanan tambahan seperti : Polar,Bungkil,Gula Jawa,Singkong ,Buah nangka (hijau)kulit kedelai.dll


Cara pemberiannya :

Diberikan 2 kali sehari (pagi dan sore),sedang untuk volume kira kira berat rumput 10% dari berat badan kambing, berikan juga air minum 1,5 – 2,5 liter per ekor per hari, dan rumput-gajahgaram berjodium secukupnya.

Untuk kambing bunting, induk menyusui, dan pejantan yang sering dikawinkan perlu ditambahkan makanan penguat dalam bentuk bubur sebanyak 0,5 – 1 kg/ekor/hari.

Bila mungkin anda belum tertarik dan jika anda butuh bukti kami menunggu kedatangan anda bertandang di wilayah kami anda akan tergiur mendengar harga kambing betina umur 4 bulan sudah mencapai harga diatas 4 juta dan mungkin anda akan lebih tercengang bila menyaksikan kisaran harga kambing ada yang pernah senilai mobil toyota avansa baru mungkin anda sangat di buat heran tapi datanglah dan saksikan transaksinya singkongdi pasar kambing etawa di tanah kelahiran saya setiap hari sabtu ………

Jadi berbagilah kepada insan petani kita nggak bakalan miskin

Maju Bersama Petani dan Kita Berbagi….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar