Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

penyakit ayam CRD komplek

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas dalam artikel peternakan yang berjudul PENYAKIT NGOROK , kesimpulan nya pada penjelasan sebelum nya adalah tentang penyakit ngorok yang jika terus menerus di sertai dengan penyakit yang di ikuti oleh penyakit e.coli. sekarang pembahasan akan di lanjutkan dengan artikel, apa yang di maksud dengan CRD kompleks?

Penyakit ngorok CRD kompleks adalah gabungan penyakit antara penyakit CRD dan penyakit e.coli yang di akibatkan oleh bakteri colibacillosis.

Ketika penyakit ngorok CRD menjangkit ternak ayam secara akut dan kronis tentunya, dan agen infeksi E.col. tadi.

Colibacillosis sering menyerang ternak ayam di mana saja, dan hampir di temukan di setiap kandang peternakan ayam di seluruh indonesia atau di seluruh dunia, penyakit ini adalah penyakit yang sudah sering terjadi di setiap farm peternakan ayam, oleh karena itu penyakit CRD masih menduduki rangking pertama di dalam peternakan ayam broiler atau pedaging.

Penyakit e.coli sering terjadi pada kawasan peternakan yang kurang memeperhatikan kebersihan, kebersihan di luar kandang ataupun kebersihan di dalam kandang.

Jika kawasan peternakan ayam tersebut kotor, maka pasti penyakit e.coli akan sangat mudah di temui bila di bandingkan dengan kawasan peternakan yang sudah terkontrol tingkat higienis nya.
jika kawasan peternakan ayam tersebut semakin kotor, maka tingkat kesempatan terjangkit atau terjadinya penyakit e.coli akan semakin tinggi.

jadi kesimpulan nya penyakit e.coli akan sangat tergantung kepada "bagaimana tingkat management di kawasan peternakan tsb"

    Perlu di ingat, bahwa kematian yang terjadi atau yang di akibatkan oleh CRD kompleks bisa mencapai 10% terhadap ayam pedaging atau ayam broiler.


Jadi ketika CRD atau penyakit ngorok menyerang peternakan ayam kita. maka sudah membuka kesempatan untuk bakteri lain seperti penyakit e.coli tadi [yang sudah di bahas di atas] yang akan ikut menjangkit dan meng-infeksi ayam,
Maka di sinilah terjadinya CRD kompleks tersebut.

Kesimpulan nya yang di maksud dengan CRD kompleks adalah penggabungan antara penyakit ngorok CRD dan penyakit E.coli.

sumber http://www.muksin.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar