Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Ribuan Ternak Diperkirakan Lolos Pemeriksaan


TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Balai Pengembangan Peternakan dan Pelayanan Kesehatan Hewan (BP3KH) Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten memastikan banyak pengangkut hewan potong lolos dari pos pemeriksaan di Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel).
Ribuan ternak siap dipasarkan lolos dari pemeriksaan kesehatan karena para pengemudi truk sengaja memilih jalur ilegal, seperti Pamulang dan Setu.
"Petugas kami menemukan adanya pengiriman hewan potong untuk kebutuhan Ramadhan dan Lebaran ke wilayah Tangerang dan Jakarta tanpa lewat pos check point ini. Mereka sengaja mengambil jalan pintas untuk menghindari pemeriksaan petugas," kata Hardi Purwo, petugas Medik Veteriner Check Point Kesehatan Hewan, Cilenggang, Serpong, Senin (13/8/2012).
Menurut Hardi, banyaknya jalur masuk ilegal membuat pengawasan kurang. Sementara truk yang masuk jalur ilegal itu bertujuan menghindari pemeriksaan dokumen.
Menurut Hardi, di chek point, petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen, termasuk kesehatan hewan. Sejumlah dokumen yang diperiksa antara lain surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari daerah asal serta pemeriksaan fisik hewan.
"Masalah yang kami khawatirkan, hewan potong yang lolos ini mengandung bibit penyakit," kata Hardi.
Untuk itu, Hardi menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tangsel melakukan pemeriksaan secara langsung di tempat pemotongan hewan dan lapak penjual daging.
Editor :
Agus Mulyadi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar